Pengalaman Law of Attraction (The Secret) - Skripsi


Tips Lulus Skripsi Tepat Waktu

This time I'm going to share my personal experience related to Law of Attraction (LOA) or also knows as The Secret, as Rhonda Bryne has written. Jadi, saya mau share pengalaman saya meggunakan Law of Attraction/ hukum tarik menarik, khususnya saat saya sedang mengerjakan skripsi saya. Pertama kali saya mengenal LOA adalah di awal tahun 2016, dan semenjak itu saya sering menerapkan beberapa hal seperti meditasi dan afirmasi. Khusus kali ini saya akan bercerita tentang bagaimana saya bisa menyelesaikan skripsi saya tepat waktu.


Di akhir bulan Mei 2016 skripsi saya masih abstrak, bahkan belum sampai manapun. Saat itu saya dan dosen pembimbing belum menemukan kecocokan bahkan masih memikirkan apa yang mau saya kerjakan untuk skripsi saya. Sebagai info tambahan, saya mengambil kuliah S1 jurusan ilmu sosial bahasa, jadi skripsi saya tidak berkaitan langsung dengan hal-hal teknis, tapi lebih ke dampak sosial masyarakat.
Saya dan teman sekelas saya masing-masing sudah mempersiapkan skripsi kami dan mulai rutin bertemu dosen pembimbing setiap minggu (walaupun nggak bisa ketemu terus setiap minggunya). Tapi ya saat itulah kami mulai mengerjakan skripsi atau project kami, tepatnya di bulan April 2016. 

Saat itu saya sudah mulai melakukan meditasi, tapi masih belum bisa fokus (masih amatir) dan cuma sebentar. Tapi saya rutin melakukan afirmasi. Afirmasi adalah pernyataan atau penegasan terhadap diri sendiri, biasanya dalam bentuk kalimat yang bertujuan mensugesti diri sendiri agar memiliki sikap tertentu. Misalnya "saya bisa mengerjakan soal ujian dengan lancar dan mendapat nilai sempurna", atau "uang selalu mengalir kepada saya dari berbagai sumber", dst. Saat itu saya melakukan afirmasi "Saya lulus sidang dengan mudah dan lancar pada bulan Agustus 2016". Saya terus mengulang afirmasi itu setiap bagun pagi, kadang sambil bercermin saya menyatakan afirmasi tersebut. Tentunya tidak lupa untuk selalu bersyukur terhadap suatu hal apapun.

Manifestasi
Entah ide datang dari mana, langsung saja saya menemukan suatu topik yang saya anggap cukup menarik dan sesuai dengan teori yang saya ambil. Sambil bertemu dosbing, saya jabarkan semua yang ingin saya kerjakan, ternyata pada saat itu dosbing saya kurang paham tapi tetap saya lanjutkan. Sampai pada pokok pembahasan dan beliau pun paham dengan keinginan saya dan langsung setuju. Kebanyakan beliau mengedit grammar dan strukturnya, sebagian tentang teorinya, tapi saya rasa yang saya kerjakan lebih banyak berasal dari ide saya sendiri. Bahkan saat ada halangan, dimana saya harus melakukan survei yang sulit dilakukan karena cakupannya terlalu luas, dengan seketika saya bisa mendapat ide untuk mendapatkan hasil tersebut dari ulasan aplikasi (skripsi saya tentang e-commerce). Dan begitulah, rasanya cepat sekali, bulan Agustus 2016 saya sudah selesai mengerjakan skripsi dan tinggal mempersiapkan dokumen yang diperlukan.

Akhirnya saya mendapat jadwal untuk sidang skripsi 30 Agustus 2016, tapi karena dosen penguji tidak bisa di tanggal tersebut, akhirnya mundur menjadi tanggal 2 September 2016. Yah walaupun tidak sesuai dengan afirmasi saya yang ingin lulus sidang bulan Agustus 2016, tapi saya rasa ini sangat bisa dimaklumi, bahkan saya rasa sungguh luar biasa karena bisa langsung sidang bulan September padahal bulan Mei saya masih belum tahu mau membuat skripsi apa. Bahkan teman sekelas saya heran dengan progres saya yang begitu cepat, karena dia sudah acc bulan Agustus awal tapi sampai saya lulus sidang, dia masih belum selesai urusan dengan dosen pembimbing. 

Benar seperti afirmasi saya "lulus sidang dengan mudah dan lancar", kebetulan saya mendapat dosen penguji yang sangat baik dan simpel. Keduanya langsung acc pada hari sidang itu juga. Jadi pada tanggal 2 September 2016, sidang saya berjalan sangat lancar dan mulus. Dosen penguji hanya bertanya masalah sederhana dan memperbaiki grammar yang belum tersentuh oleh dosen pembimbing. Sidang saya berlangsung tidak terlalu lama (tapi ya nggak terlalu singkat juga), dan yang paling membahagiakan adalah respon mereka yang begitu menyenangkan. Saya masih teringat saat saya keluar ruangan dan banyak teman saya menunggu saya dan bertanya bagaimana hasilnya, saya tidak menjawab apapun hanya tersenyum dan mereka semua langung tepuk tangan dengan gembira :'D
Nilai sidang skripsi saya adalah A, begitu juga dengan sidang komprehensif. Sungguh pengalaman luar biasa bagi saya, bagaimana saya bisa mengerjakan skripsi dengan mudah, lulus ujian dengan mulus dan mendapatkan nilai sempurnya. 

So, that's my story about applying LOA to my final test..I'll share the other ones next time.


Comments